10 Manfaat Kecap Manis

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Siapa yang tidak mengenal kecap? Ya, kecap merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering sekali digunakan sebagai bumbu dapur, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kecap sendiri merupakan produk dari olahan kedelai hitam, yang dicampur dengan gula merah ataupun gula putih serta tambahan bahan – bahan lainnya, yang tentu saja akan membuat munculnya rasa manis dan juga khas dari kecap itu sendiri. Kecap berwarna hitam, dengan rasa yang sangat manis.

Kekentalan dari kecap sendiri berbeda – beda, tergantung dari pengrajin kecap ataupun pabrik kecap yang bersangkutan. Hal ini merupakan suatu keunikan, karena jenis atau merk kecap pada daerah tertentu, bisa saja berbeda dengan daerah lain dari segi rasa, kekentalan dan juga tekstur dari kecap itu sendiri. Kecap sebagai salah satu bumbu dapur yang sering kali digunakan oleh para juru masak dan juga ibu rumah tangga memilikk banyak sekali manfaat, baik deri segi utilitas dan juga segi kesehatan.

Apa saja manfaat kecap? Berikut ini adalah beberapa manfaat kecap :

1. Untuk menambah cita rasa masakan

Manfaat Kecap yang pertama adalah sebagai penambah cita rasa dari makanan. Bagi anda yang suka dengan cita rasa makanan yang memilikki rasa manis dan juga memilki kuah yang kental, maka kecap merupakan salah satu pilihan utama yang pastinya akan dapat anda andalkan dalam kebutuhan masakan anda sehari – hari. Ya, rasa manis dan juga kental yang dihasilkan oleh kecap sangat berguna bagi anda yang suka dengan rasa manis, dan akan menciptakan rasa yang khas untuk disantap, karena kecap merupakan salah satu bumbu dapur yang unik yang sering digunakan untuk memunculkan cita rasa khas Indonesia.

2. Memberikan rasa manis tanpa harus memberikan tambahan gula

Anda ingin mencoba makanan yang manis, namun anda khawatir dengan kandungan gulanya yang tinggi? Kalau begitu cobalah untuk menggunakan kecap pada masakan anda. Meskipun manis, namun kecap memiliki kadar gula putih yang sedikit, dan lebih banyak menggunakan gula merah yang jauh lebih baik penggunaannya dibandingkan denan gula putih biasa. Karena itu, bagi anda yang mengalami diabetes, kecap cukup aman untuk anda konsumsi, karena tidak berbahaya.

3. Dapat menjadi pewarna hitam pada makanan

Selain untuk bumbu dapur, kecap juga seringkali dimanfaatkan sebagai pemberi warna pada makanan. Salah satu makanan, seperti semur dan juga ikan bakar, seringkali membutuhkan peran kecap, agar dapat memberikan warna yang sempurna pada masakan. Selain itu, pemberian warna kecap yang hitam pekat juga dapat meningkatkan selera makan bagi konsumen.

4. Sebagai bahan sambal kecap

Anda pasti sudah sering mendengar istilah sambal kecap. Ya, sambal kecap merupakan istilah yang mengacu kepada pemanfaatan dari kecap sebagai teman makan. Biasanya makanan dicocol dengan sambal kecap, yang tediri dari cabai merah, bawang merah, dan juga cabai rawit. Rasanya yang unik, yaitu manis bercampur pedas merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari sambal kecap yang sering dimanfaatkan untuk teman makan gorengan ini.

5. Kaya akan protein

Kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh. Begitu pula dengan kecap. Ya, kecap yang merupakan olahan dari kacang kedelai merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang bergizi, karena salah satunya adalah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi perkembangan sel dan jaringan tubuh, serta otot tubuh.

6. Memiliki kandungan zat besi

Selain protein, manfaat kecap berikutnya berasal dari kandungan zat besi yang ada pada kecap. Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang juga diperlukan oleh tubuh kita. Zat besi sendiri sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah kita, dan juga dapat membantu mencegah munculnya gejala anemia atau kekurangan darah, seperti tubuh yang menjadi lemas, mudah terserang penyakit, dan juga mudah merasa lemas dan juga lelah.

7. Kaya akan vitamin A

Selain kaya akan protein dan juga zat besi, manfaat kecap berikutnya adalah baik untuk kesehatan mata dan juga daya tahan tubuh. Mengapa? Karena kecap juga memiliki kandungan manfaat vitamin A yang sangat baik untuk tubuh kita. Vitamin A yang terdapat pada kecap akan sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan mata kita, dan juga untuk kepentingan indera penglihatan kita.

8. Dapat menurunkan kolestrol

Ternyata, manfaat kecap lainnya adalah mampu untuk membantu menurunkan kolestrol. Ya, jadi bagi anda yang sering merasa khawatir dengan kadar kolestrol, terutama kolestrol jahat di dalam tubuh anda, maka cobalah untuk rajin menambahkan kecap ke dalam menu makanan sehari-hari anda, karena ternyata, kecap mampu untuk membantu menjaga dan juga menurunkan kadar kolestrol anda apabila terlalu tinggi.

9. Baik untuk melancarkan pencernaan tubuh

Sebagai salah satu bahan yang dibuat dari hasil pengolahan biji bijian, maka sudah pasti kecap juga memiliki kandungan serat. Dengan adanya kandungan serat ini, maka manfaat kecap berikutnya yang juga baik untuk tubuh kita adalah dapat membantu melancarkan pencernaan kita. Dengan begitu, maka anda dapat terhindar dari beragam masalah pencernaan, seperti sembelit, sulit buang air besar, dan perut yang terasa kembung ataupun mual.

10. Menetralisir rasa pedas pada sambal atau makanan tertentu

Anda ingin mengkonsumsi sambal, namun anda merupakan salah satu tipe orang yang tidak suka makan makanan pedas? Kalau begitu, kecap adalah solusi tepat. Kecap dapat membantu menetralisir rasa pedas, caranya adalah dengan mencampurkan kecap ke dalam sambal yang akan anda makan. Dengan demikian, rasa pedas akan berkurang karena adanya tambahan rasa manis yang dihasilkan oleh kecap.

Itulah beberapa manfaat kecap bagi kita. Semoga artikel mengenai manfaat kecap ini sangat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda, terutama dari segi manfaat kesehatan yang dapat ditimbulkan dari penggunaan kecap. 

 

 

Tentang kita

Darmojo Ayam Panggang adalah tempat makan yang menyediakan berbagai menu yang berasal dari nenek moyang kami yang memiliki cita rasa yang khas.

Ayam bakar kami sudah mulai dikenal dikehidupan modern sejak zaman kemerdekaan, tetapi mulai dikembangkan kembali pada tahun 2015.

Proses order dapat melalui contact yang terdapat di website ini

Darmojo Jakarta

Alamat : Jl. Duren Tiga Raya No. 41A, Jakarta Selatan

Telp / SMS / Whatsapp : +62 812 12059655 atau

+62 856 9323 5323

E-mail : darmojoayampanggang@gmail.com

Instagram : darmojo.jkt

Darmojo Surabaya

Alamat : Jl. Siwalankerto Timur 168B, Wonocolo, Kota Surabaya

Telp / SMS / Whatsapp : +62 896 8463 9520

E-mail : darmojo.sby@gmail.com

Instagram : darmojo.sby01

©2018 Darmojo Ayam Bakar. All Rights Reserved.

Search